Langsung ke konten utama

Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 untuk SD Kelas 1-6 Sebanyak 500 Kata Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 untuk SD Kelas 1-6 Sebanyak 500 Kata

 


Contoh studi kasus PPG Daljab 2024 untuk SD diperuntukkan bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG).

Dalam UKPPG, guru diminta membuat studi kasus PPG Daljab 2024 untuk SD maksimal 500 kata berdasarkan pengalaman nyata dengan bantuan 4 pertanyaan pemantik.



Contoh studi kasus PPG Daljab 2024 untuk SD diperuntukkan bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG).

Dalam UKPPG, guru diminta membuat studi kasus PPG Daljab 2024 untuk SD maksimal 500 kata berdasarkan pengalaman nyata dengan bantuan 4 pertanyaan pemantik

Anda sebagai seorang guru pasti pernah mengalami permasalahan dalam pembelajaran. Tuliskan pengalaman riil (nyata) Anda maksimal 500 kata, terkait:

  • Permasalahan apa yang pernah Anda hadapi?
  • Bagaimana upaya Anda untuk menyelesaikannya?
  • Apa hasil dari Upaya Anda tersebut?
  • Pengalaman berharga apa yang bisa Anda petik ketika menyelesaikan permasalahan tersebut?

Bapak/ibu guru dapat menggunakan contoh studi kasus PPG Daljab untuk SD kelas 1-6 di bawah ini sebagai referensi.

Berikut 6 contoh studi kasus PPG Daljab untuk SD kelas 1-6 sebanyak 500 kata, dikutip dari YouTube Rosti Hidayah.

Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 untuk SD Kelas 1

  • Permasalahan apa yang pernah Anda hadapi?

Permasalahan yang pernah saya hadapi adalah dalam proses pembelajaran beberapa siswa belum tuntas dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Keterampilan membaca dan menulis permulaan membutuhkan latihan dalam membaca dan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat yang benar. 

Ketika siswa belum memiliki keterampilan membaca dan menulis permulaan, siswa tersebut mengalami banyak kesulitan dalam tugas belajarnya. Beberapa siswa tersebut juga mengganggu siswa lainnya dalam mengerjakan tugas belajar.

  • Bagaimana upaya Anda untuk menyelesaikannya?

  • Upaya yang saya lakukan dalam menyelesaikan masalah ini adalah melakukan tes awal untuk melihat kemampuan awal siswa yaitu keterampilan membaca dan menulis permulaan. 

    Saya juga menerapkan metode eja dimana siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf kemudian menyusunnya menjadi kata. Apabila tidak diulang terus-menerus maka siswa akan lupa dengan bentuk dan bunyi huruf. 

    Saya juga menerapkan metode SAS yaitu suatu pendekatan cerita yang disertai dengan gambar, yang didalamnya terkandung unsur analitik. Metode ini membuat anak mudah mengikuti prosedur dan akan dapat cepat membaca pada kesempatan berikutnya.



    • Apa hasil dari Upaya Anda tersebut?

    Hasil dari upaya tersebut adalah siswa terlihat senang dan menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa perlahan dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan. Keterampilan membaca dan menulis permulaan membutuhkan latihan siswa dalam membaca dan menyusun huruf, suku kata, kata, dan kalimat yang benar. 

    Melalui latihan membaca menulis permulaan, siswa dapat membaca dan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan tepat. Tipe minat belajar yang berbeda juga perlu membutuhkan cara pengajaran yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang cocok yaitu metode eja dan metode SAS.

    • Pengalaman berharga apa yang bisa Anda petik ketika menyelesaikan permasalahan tersebut?



    Pengalaman berharga yang bisa saya petik ketika menyelesaikan permasalahan tersebut, dalam menentukan tes awal seperti apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui kemampuan awal membaca dan menulis permulaan. 


    Kemudian saya membuat buku profiling siswa untuk menentukan metode apa yang diterapkan seperti metode eja dan metode SAS. Saya harus meluangkan waktu lebih banyak untuk menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.

    Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 untuk SD Kelas 2

    • Permasalahan apa yang pernah Anda hadapi?

    Permasalahan yang pernah saya hadapi adalah salah satu anak di kelas saya kurang memahami materi pembelajaran. Sebab anak tersebut yang hiperaktif sehingga cenderung sulit untuk memfokuskan diri saat proses pembelajaran berlangsung.

    Ia juga kerap mengganggu teman, selalu mencari keributan, bersikap egois, superior, dan temperamen. Hal ini tentu memberikan dampak negatif untuk dirinya sendiri, guru, dan teman yang berada di lingkungan kelas yang sama.

    • Bagaimana upaya Anda untuk menyelesaikannya?

    Upaya yang saya lakukan dalam menyelesaikan masalah ini adalah guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan merangsang bagi semua siswa, termasuk anak hiperaktif. 

    Melalui pemahaman yang mendalam tentang kepribadian anak hiperaktif dan penerapan strategi yang efektif, guru dapat membantu anak hiperaktif mencapai potensi belajar mereka, dengan memberikan tugas yang berbeda diantara teman yang lainnya. 

    Guru membuat 2 soal yang berbeda meskipun anak yang hiperaktif ataupun temannya yang lain tidak mengetahui bahwa soal yang diberikan ternyata berbeda. Hal itu dilakukan agar anak hiperaktif tidak merasa rendah diri karena dibedakan dengan temannya yang lain.

    Guru juga memberikan hukuman jika anak mengganggu teman di kelasnya dengan cara meminta anak untuk bertanggung jawab dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukannya.

    • Apa hasil dari Upaya Anda tersebut?

    Hasil dari upaya tersebut adalah anak yang hiperaktif bisa fokus mengerjakan soal yang berbeda. Melalui pendekatan, anak hiperaktif menjadi lebih mudah diatur dan tidak lagi mengganggu temannya. Semua yang dilakukan guru agar anak hiperaktif menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    • Pengalaman berharga apa yang bisa Anda petik ketika menyelesaikan permasalahan tersebut?



    Pengalaman berharga yang bisa saya petik ketika menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pendekatan secara personal kepada anak yang bersangkutan, memberikan tugas yang berbeda dengan anak yang lainnya, memberikan nasihat dan teguran.

    Juga memberikan kegiatan pembelajaran tambahan, menumbuhkan sikap bertanggung jawab ketika anak melakukan kesalahan. Jika anak tersebut tidak ada perubahan, saya sebagai guru memanggil orang tua anak untuk menjalin kerja sama. Semua upaya dilakukan guru agar anak hiperaktif bisa berubah menjadi lebih baik lagi.

    Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 untuk SD Kelas 3

    • Permasalahan apa yang pernah Anda hadapi?

    Permasalahan yang pernah saya hadapi adalah 3 ruang sekolah saya sedang direnovasi. Pembelajaran pun dialihkan dengan meminjam gedung aula. Kondisi ini membuat siswa tidak mampu menunjukkan sikap disiplin. Sehingga pembelajaran tidak kondusif.

    • Bagaimana upaya Anda untuk menyelesaikannya?

    Upaya yang saya lakukan dalam menyelesaikan masalah ini adalah guru bekerjasama dengan rekan sejawat untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan meski di tengah keterbatasan. 

    Dalam kerjasama ini, guru sepakat untuk melakukan pendekatan. Misalnya dengan pendekatan perubahan tingkah laku, pendekatan penciptaan iklim sosio emosional, pendekatan proses kelompok, dan pendekatan eklektik.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Mudah Membuat Laptop Bekerja Lebih Cepat Tanpa Lemot

7 Cara Mudah Membuat Laptop Bekerja Lebih Cepat Tanpa Lemot Laptop saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Apapun kesibukan seseorang entah pekerjaan, sekolah, kuliah atau aktivitas lainnya, pasti membutuhkan yang namanya laptop. Benar sekali, seiring pertumbungan tegnologi membuat orang butuh yang namanya laptop. Dengan laptop kita bisa melakukan apapun, bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Laptop juga bisa kita bawa kemana-mana, harganyapun sangat terjangkau. Laptop memang selalu menjadi teman dalam setiap kativitas kita. Namun ketika laptop menjadi lemot, tentunya membuat kita emosi. Tidak hanya lemot, biasanya laptop yang sudah berusia diatas 3 tahun akan sering rewel dan mengalami penurunan performa, padahal tugas kuliah, tugas dikantor masih banyak dan harus segera diselesaikan. Kalau sidah begini gawat dong. Nahh teman, jika laptopmu sudah mengalami hal yang demikian tersebut. Kali ini kami akan mmeberikan tips un...

Pengertian Proxy dan kegunaannya dalam jaringan internet

Pengertian Proxy dan kegunaannya dalam jaringan internet Proxy saat ini menjadi hal yang sudah umum bagi pengguna internet. Pengguna internet, khususnya di tanah air memang sudah semakin banyak dan semakin mengerti tentang internet. Proxy ini adalah salah satu bentuk layanan internet yang memudahkan aktivitas berselancar di dunia maya yang mana sudah menjadi budaya dalam berbagai bidang kehidupan manusia dewasa ini. Pengertian proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy , maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server. Penggunaan jejaring sosial adalah salah satu contohnya. Banyak pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak bisa mengakses jejaring sosi...